Eleanor Roosevelt

Yesterday is history. Tomorrow is mystery and today is a gift, that is why it is called the present

Rabu, 16 Januari 2013

Laporan penelitian kelompok 5


SMA NEGERI 2 PATI
Description: SMANDAPA.jpg



























Nama Kelompok :     1. Muhammad Afifur Rohman
2. Jadag Aji Panuluh
                        3. Irsyad Kamaluddin Ramadhan
4. Afrizal Aziz Maulana

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

Motto :
·         “Bekerja keras di sertai dengan doa akan membawa kita pada gerbang kesuksesan”
·         “Lebih baik salah karena berbuat sesuatu    daripada tidak sama sekali”
·         “Kegagalan hari ini merupakan rangkaian jembatan emas menuju keberhasilan esok hari”

Persembahan :
·         Tuhan kekasihku, terima kasih atas Rahmat dan HidayahMu
·         Drs. Sutowo, M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 2 Pati
·         Dra. Sri Andayani selaku Guru Pembimbing yang sudah memberi bimbingan pada saat menyusun tugas sejarah tentang berkembangnya trasportasi di kota Pati.
·         Dra. Dwi Sihati, M.Si. selaku Wali Kelas yang sudah mendidik kami sampai saat ini.
·         Dinas Perhubungan Kabupaten Pati yang telah memberikan informasi.
·         Orang tua dan keluarga yang telah mendukung.
·         Teman-teman  terbaikku tanpa terkecuali, karena  kalianlah tugas ini bisa selesai.
·         Para pembaca yang saya cintai dan sayangi.




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan tugas sejarah ini dengan baik.
Tugas perkembangan trasportasi di kota Pati ini kami susun untuk menyelesaikan tugas Sejarah. Banyak kesulitan yang kami alami, lebih-lebih karena kurangnya kemampuan dan pengalaman kami. Namun, berkat bimbingan dan petunjuk dari Guru SMA Negeri 2 Pati, maka kesulitan-kesulitan dapat kami atasi. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada :
·         Dra. Sutowo, M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 2 Pati yang telah memberi ijin dalam menyusun karya tulis ini.
·         Dra. Sri Andayani, selaku Guru Sejarah yang telah membimbing kami dalam menyusun tugas  ini.
·         Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pati.
·         Teman-teman yang telah ikut ambil dalam menyusun tugas ini.
Semoga kebaikan-kebaikan tersebut mendapat balasan yang setimpal di sisi Tuhan Yang Maha Esa.
Karya ilmiah ini tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan, meskipun upaya penyempurnaan telah kami lakukan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan karya tulis ilmiah ini.

                                                                                Pati, 27 Desember 2012
                                                                                           
                                                                                            Penyusun


DAFTAR ISI

MOTTO……………………………………………………………………...2
PERSEMBAHAN…………………………………………………………..2
KATA PENGANTAR………………………………………………………3
DAFTAR ISI………………………………………………………….…….4
PENDAHULUAN………………………………………………………….5
            LATAR BELAKANG……………………………………………...5
ISI…………………………………………………………………………...6
PENUTUP………………………………………………………………......10
            SIMPULAN………………………………………………………...12
            SARAN……………………………………………………………..12
LAMPIRAN………………………………………………………………...13


BAB 1 PENDAHULUAN

v Visi dan Misi Daerah


Ø  Visi pembangunan Kabupaten Pati tahun 2006-2011 adalah: "Terwujudnya Pati Bumi Mina Tani, Berbasis Keunggulan Pertanian dan Industri yang Berkelanjutan" Untuk mewujudkan Visi Kabupaten Pati tahun 2006-2011 dalam menghadapi era globalisasi dan tuntutan demokratisasi maka dijabarkan dalam
Ø  Misi sebagai berikut :

1.      Mengembangkan pengamalan nilai-nilai agama untuk peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan berbasikemajemukan masyarakat;
2.      Menciptakan sistem pemerintahan yang baik dan demokratis melalui peningkatan               profesionalisme aparatur dan lebih dekat kepada rakyat, serta bebas korupsi kolusi dan nepotisme;
3.      Mewujudkan peningkatan kualitas SDM melalui pemerataan pelayanan pendidikan, peningkatan derajat kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat;
4.      Membangun ekonomi kerakyatan dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya kelautan dan pertanian;
5.      Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi;
6.      Mendorong berkembangnya industri melalui optimalisasi potensi lokal dengan mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan berkesinambungan.



BAB 2 ISI

v  Kondisi Geografis Daerah

Kabupaten Pati merupakan salah satu dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah bagian Timur, terletak antara 110º 50' - 111º, 15' Bujur Timur dan 6º 25' - 7º 00' Lintang Selatan.

Ø  Secara administratif Kabupaten Pati dibatasi oleh:

§  Sebelah Utara : Kabupaten Jepara dan laut Jawa
§  Sebelah Barat : Kabupaten Kudus dan Kab. Jepara
§  Sebelah Selatan           : Kabupaten Grobogan dan Kab. Blora
§  SebelahTimur : Kabupaten Rembang dan Laut Jawa







v  Luas Wilayah.

Kabupaten Pati mempunyai luas wilayah 150.368 Ha yang terdiri dari 58.368 ha lahan sawah atau sekitar 38,80% dari luas keseluruhan lahan di Kabupaten Pati dan 92.020 ha lahan bukan sawah atau sekitar 61,20%




Jaringan jalan di wilayah Kabupaten Pati sepanjang 41.165 km
yang terdiri dari :

¢ Jalan Nasional : 34.134 km
¢ Jalan Propinsi : 107.920 km
¢ Jalan Kabupaten : 799.111 km

Jalan raya yang berada diwilayah Kabupaten Pati lebar ratarata 8
meter dan merupakan jalur utama pantura wilayah Jawa Tengah
bagian Timur. Untuk transportasi di Kabupaten Pati di dukung oleh sarana transportasi darat
Kota Pati dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Pati dilalui jalur pantura yang menghubungkan kota Semarang dengan kota-kota di daerah Timur. Saat ini sedang dibangun jalan  lingkar yang menghubungkan Desa Margorejo dan jalan pantura Pati - Juana. Angkutan bus antarkota dipusatkan di Terminal Kembang Joyo. Angkutan dalam kota dilayani oleh bus kota, angkot, dan becak.
Pati memiliki peranan penting dalam sejarah kereta api Indonesia. Di sinilah pembangunan kereta api Hindia Belanda dimulai, dengan pembangunan jalan kereta api yang dimulai dari desa Puri ke Kudus sepanjang ±40 KM dengan lebar sepur 1435 mm. Pencangkulan pertama dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda.
Pembangunan jalan KA ini diprakarsai sebuah perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg.  Perseroan tak bernama Perusahaan Kereta Api Nederland-Indonesia. Kemudian, setelah ruas rel Pati - Kudus, dilanjutkan pembangunan rel yang dapat menghubungkan kota Pati ke Kota Rembang, pada tahun1870








No
Bidang
Jenis Layanan
Persyaratan
Biaya
Waktu Penyelesaian
Keterangan
1
Angkutan dan Keselamatan Jalan
1. Angkutan
Retribusi Ijin Trayek Bus Daya Angkut 8 Orang
- FC Ijin USaha
- FC SK Trayek
- FC STNK
- FC buku uji
- FC Organda
- FC Jasa Raharja
75.000
1 Hari
Dasar Perda Kab. Pati No.14 Tahun 2002
Retribusi Ijin Trayek Mobil Bus Daya Angkut 9 Orang
- FC Ijin Usaha
- FC SK Trayek
- FC STNK
- FC buku uji
- FC organda
- FC Jasa Raharja
100.000
1 Hari

Retribusi Ijin Trayek Mobil Bus Daya Angkut 25 Orang
- FC ijin usaha
- FC SK trayek
- FC STNK
- FC buku uji
- FC Organda
- FC Jasa Raharja
Leges@ 5.000
3 Hari

Retribusi Ijin Trayek Mobil Bus Daya Angkut 26 Orang
- FC ijin usaha
- FC SK trayek
- FC STNK
- FC buku uji
- FC Organda
- FC Jasa Raharja
Legas@
5.000
3 Hari

Retribusi Ijin Insidentil
- FC STNK
- FC buku uji
- FC Trayek
10.000
1 Jam

Retribusi Ijin Angkutan Khusus
- FC STNK
- FC buku uji
- FC Trayek
15.000
1 Jam

2. Pengujian Kend. Bermotor
Pengujian Kendaraan Bermotor
- STNK Asli
- Buku uji asli
- Surat perubahan bentuk (karoseri) untuk kendaraan baru
- Surat Persetujuan Ijin Trayek (SPT) untuk kendaraan umum
-Mobil bus 23.500
-Mobil barang 23.500
-Mobil khusus 23.500
-Mobil gandengan 21.000
-Pengganti plat uji 2.500
-Pengganti buku uji 5.000
-Denda setiap bulan keterlambatan 2 % dari retribusi
1 Hari kerja bila persyaratan legkap
Dasar Perda Kab. Pati No.12 Tahun 2002

C. Pelayanan Pengambilan Sampah

Pelayanan bidang persampahan  pada Dinas Pekerjaan Umum  Kab. Pati dapat dilayani dengan adanya armada sampah sebagai berikut :
1. Truck Hidrolic/ Arm Roll            =    6     unit
2. Dump Truk                    =    8     unit
3. Carry Pick Up                    =    2     unit
4. Back Hoe                    =    1     unit
5. Track Dozer                    =    1     unit
6. Becak Sampah                    =   60     unit
7. Songko / Gerobak Sampah            =    4     unit
8. Truck Tangki Air                =    1     unit
9. Kijang Pick Up / Listrik            =    1     unit
10.  Truck Aeroplane Listrik            =    1    unit



BAB 3 PENUTUP


v  SIMPULAN
Jadi, perkembangan tranportasi di kota pati ini menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan, dibuktikan dengan adanya penambahan-penambahan fasilitas transportasi.



v  SARAN
Dari informasi di atas kita dapat mengetahui tentang seluk beluk transportasi di kota pati, maka kita diharapkan mampu menjaga kelestarian transportasi di kota pati.
LAMPIRAN
Description: DSC00108.JPGDescription: DSC00106.JPGDescription: DSC00105.JPG



Description: DSC00109.JPGDescription: DSC00110.JPG
Description: DSC00107.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar