PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN JALAN
DI KABUPATEN PATI
Disusun guna memenuhi tugas sejarah

Disusun Oleh:
Ahmad Yusuf A (03)
Alim Al Rosyid (05)
Rahmat Satya I (27)
Wahyu Prasojo (32)
SMA N 2 PATI
Tahun Pelajaran 2012/2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita
panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa,yang telah melimpahkan rahmat serta
hidayah-Nya,sehingga kita dapat menyelesaikan karya tulis “Perkembangan
Pembangunan Jalan di Kabupaten Pati” ini dengan baik dan lancar.
Karya
tulis ini kami susun untuk memenuhi tugas Sejarah kelas X SMA N 2
PATI.Selesainya penyusunan karya tulis ini berkat bantuan dari seluruh pihak
yang terlibat.Dalam kesempatan ini,kami sampaikan terima kasih dan penghargaan
kepada:
1. Bapak
Drs. Sutowo,M.Pd,selaku kepala SMA N 2 PATI yang telah memberi kemudahan dalam
penyusunan karya tulis ini
2. Ibu
Dra. Dwi Sihati ,selaku wali kelas X-1 SMAN 2 PATI
3. Ibu
Dra. Sri Andayani,selaku guru mata pelajaran sejarah yang telah membimbing kami
dalam penyusunan karya tulis ini
4. Teman
teman kelas X-1,yang telah memberi dukungan moril
5. Keluarga
kami yang selalu mendukung kami untuk menyelesaikan karya tulis ini.
Kami menyadari
bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan karya tulis ini,untuk itu saran
dan kritikan dari seluruh pihak sangat kami butuhkan demi kesempurnaan karya
tulis ini.
Akhir kata,kami
sampaikan terima kasih dan semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua.
PATI,Januari
2013
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
..............................................................................................i
Daftar
Isi.........................................................................................................ii
BAB I
Pendahuluan.........................................................................................1
A.Latar
Belakang...................................................................................1
B.Sistematika
Penyusunan....................................................................1
C.Tujuan................................................................................................1
D.
Manfaat............................................................................................1
BAB
II Metodologi
Penelitian..........................................................................2
A.Metode
Penelitian.............................................................................2
B.Objek
Penelitian.................................................................................2
C.Sumber
Data......................................................................................2
BAB
III
Isi.........................................................................................................3
A.Perkembangan Pembangunan Jalan di
Kabupaten Pati...................3
B.Sistem Jaringan Jalan di Kabupaten
Pati..........................................8
BAB
IV
Penutup...............................................................................................9
A.Kesimpulan.........................................................................................9
B.Saran...................................................................................................9
Lampiran........................................................................................................10
Daftar
Pustaka................................................................................................16
BAB
I
Pendahuluan
A.LATAR BELAKANG
Jalan merupakan
hal yang penting bagi kehidupan manusia.Karena jalan merupakan fasilitas yang
mendukung untuk kemajuan kasejahteraan kehidupan manusia.Bukan hanya itu jalan
juga merupakan salah satu hal yang menentukan maju atau tidaknya suatu
daerah,karena jika jalan suatu daerah rusak dan kurang memadai,maka bisa
dipastikan daerah tersebut sulit untuk maju.
B.Sistematika
Penyusunan
I. Bab
I adalah Pendahuluan,yang terdiri: Latar Belakang,sistematika penyusunan,dan
tujuan.
II. Bab
II adalah Metodologi Penelitian,yang terdiri:Metode Penelitian,Objek
Penelitian,Sumber Data.
III. Bab
III adalah Isi,yang terdiri :Sejarah pembangunan jalan dari masa penjajahan
sampai saat ini,Pembagian jalan di Kabupaten Pati.
IV. Bab
IV adalah Penutup,yang terdiri:Simpulan dan Saran.
C. Tujuan
Tujuan kami
menyusun karya tulis ini :
À Untuk
memenuhi tugas mata pelajaran Sejarah
À Agar
lebih mengenal sejarah lokal yang ada di sekitar kita
À Untuk
menambah wawasan tentang sejarah nasional
D.Manfaat
Manfaat yang
diperoleh dari penyusunan karya tulis ini adalah:
À Menambah
pengetahuan kita
À Lebih
berani untuk mencoba hal baru
À Belajar
untuk bekerja sama dengan teman
BAB II
Metodologi Penelitian
A.Metode
Penelitian
Ada beberapa
metode yang kami pilih dalam penyusunan karya ilmiah ini,diantaranya:
À Metode
Wawancara
À Metode
Sumber Dokumen
B.Objek
Penelitian
Objek yang kami
teliti adalah:
À Jembatan
Tanjang
À Jembatan
Ngantru
À Jalan
Lingkar Pati
À Jalan
Pati Juwana
À Jalan
Desa
À Dll
C.Sumber Data
Data yang kami
peroleh,bersumber dari:
À Kepala
Dinas Pekerjaan Umum
À Situs
di Internet
BAB III
ISI
A.
PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN JALAN DI
KABUPATEN PATI
Masa Penjajahan Portugis
Pada
masa ini tidak ada pembangunan jalan di pulau jawa ,khususnya di kabupaten
Pati.Hal itu karena Portugis gagal menguasai pulau jawa dan fokus pada wilah
timur Indonesia.
Masa penjajahan Belanda
Jalan
raya di kabupaten Pati dulunya hanya berupa jalan kecil yang belum
beraspal.Jalan itu dulunya digunakan digunakan oleh Sultan Agung Mataram saat
menyerang Batavia pada tahun 1628-1629.
Baru
pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Herman Willem Deandels,jalan jalan di
Pantura,termasuk Pati di perbaiki.Hal itu dikarenakan Daendels beranggapan
bagaimana dia bisa mempertahankan pulau jawa kalau keadaan jalannya seperti
itu.
Akhirnya
ia teringat pada buku yang pernah ia baca tentang pembangunan jalan kekaisaran
Romawi yang mampu membangun jalan raya.Pada tanggal 5 Mei 1808 pembangunan
jalan itu dimulai.
Pembangunan
jalan yang memiliki panjang kurang lebih 1000 km ini memakan banyak ribuan jiwa
penduduk pribumi yang dipaksa bekerja tanpa upah.Biaya yang dibutuhkan untuk
membangun jalan ini antara 1-10
ringgit/m.
Jalan jalan yang dibangun pada masa itu
meliputi daerah:
·
Anyer
·
Cilegon
·
Banten
·
Serang
·
Balaraja
·
Grogol
·
Jakarta
·
Glodok
·
Ancol
·
Gambir
·
Kramat
·
Salemba
·
Matraman
·
Tebet
·
Pancoran
·
Depok
·
Ciputat
·
Cibubur
·
Parung
·
Jonggol
·
Cibinong
·
Bogor
·
Ciawi
·
Cisarua
·
Puncak
·
Cipanas
·
Sukabumi
·
Cianjur
·
Cimahi
·
Bandung
·
Cileunyi
·
Sumedang
·
Cirebon
·
Kanci
·
Losari
·
Pejagan
·
Brebes
·
Tegal
·
Pemalang
·
Comal
·
Batang
·
Weleri
·
Kendal
·
Semarang
·
Demak
·
Kudus
·
Pati
·
Juwana
·
Rembang
·
Lasem
·
Tuban
·
Sidayu
·
Gresik
·
Surabaya
·
Waru
·
Sidoarjo
·
Porong
·
Gempol
·
Bangil
·
Pasuruan
·
Kraksaan
·
Paiton
·
Besuki
Masa
Penjajahan Inggris
Pada masa ini tidak ada perubahan berarti dalam pembangunan infrastuktur
di Pati.Hal ini di karenakan pemerintah inggris lebih memfokuskan diri pada
batavia.
Masa
Penjajahan Jepang
Tak berbeda jauh dengan masa penjajahan inggris,pada masa penjajahan
jepang juga tak banyak pembangunan jalan di Pati,hal ini dikarenakan pemerintah
jepang sibuk dengan urusan di batavia dengan melobi tokoh tokoh indonesia untuk
membantunya melawan sekutu.
Setelah
Masa Penjajahan
Setelah
masa penjajahan,pembangunan jalan di Pati dilanjutkan dengan membangun berbagai
fasilitas transportasi untuk menunjang kegiatan ekonomi penduduknya.Hal ini
diwujudkan dengan melakukan pembangunan jalan jalan besar ,seperti jalan raya
Juwana,perbaikan jembatan.
Meski
begitu masih banyak jalan jalan di kabupaten Pati yang rusak parah.Untuk itu
pemerintah kabupaten pati mulai kembali memperbaiki infrastuktur jalan yang
telah ada.
Diantaranya
adalah dengan membagun jalan lingkar ,memperbaiki jalan Pati-Juwana,memperbaiki
Jalan raya Pati-Rembang,serta mulai memperbaiki jalan jalan kecil di desa
dengan memberikan anggaran tersendiri.
B.SISTEM JARINGAN
JALAN DI KABUPATEN PATI
Wilayah Kabupaten Pati
dilalui oleh arteri primer sebagai jalan utama yang menghubungkan ke arah Barat
dengan Kota Jakarta dan ke arah Timur dengan Kota Surabaya.
Kondisi ini akan
mempengaruhi terhadap aktifitas kegiatan di wilayah Kabupaten Pati terutama
untuk wilayah dengan jaringan jalan yang akses langsung dengan jalan utama
tersebut.
A.Menurut
Fungsinya
Sistem jaringan jalan
yang ada di Kabupaten Pati, menurut klasifikasi fungsinya dikelompokkan menjadi
* Jalan Arteri
Melayani angkutan
primer yang memerlukan rute jarak jauh. Kecepatan rata-rata yang tinggi dan
jumlah jalan masuk yang terbatas yang terpilih secara efesien.
* Jalan Kolektor
Melayani penampungan dan pendistribusian transportasi yang
memerlukan rute, jarak sedang kecepatan sedang rata-rata dan, dan mempunyai
jalan masuk yang jumlahnya terbatas.
* Jalan Lokal
Melayani transportasi
lokal yang memerlukan jarak pendek, kecepatan rata-rata rendah mempunyai jalan
masuk dalam jumlah terbatas.
B.Menurut
Status Jalan
Sementara bila
ditinjau dari status jalan, jaringan jalan yang ada di Kabupaten Pati terdiri
dari :
*Jalan Negara
Adalah suatu jaringan
jalan yang menghubungkan diantara dua kota dari Ibukota Propinsi dan jalan lain
yang mempunyai nilai strategis terhadap kepentingan nasional. Yang termasuk
kelompok jaringan nasional adalah jalan arteri primer dan arteri sekunder.
*Jalan Propinsi
Adalah suatu jaringan
jalan yang menghubungkan diantara dua kota dari Ibukota Kabupaten dan yang
termasuk kelompok jalan propinsi adalah jaringan jalan yang menghubungkan
Ibukota propinsi dan Ibukota Kabupaten serta jaringan jalan yang mempunyai
kepentingan strategis terhadap kepentingan propinsi, yang termasuk kelompok
jaringan jalan propinsi adalah jalan kolektor primer, sedangkan status
pembinaan jalan propinsi dilakukan oleh Pemda Tingkat I.
* Jalan Kabupaten
Adalah suatu jaringan
jalan yang menghubungkan antara kota-kota Kecamatan, baik yang ada dalam suatu
wilayah Kabupaten maupun antar kota kecamatan lain Kabupaten. Status pembinaan
jalan Kabupaten dilakukan Pemda Tingkat II.
* Jalan Poros Desa
Adalah jalan poros /
utama yang menghubungkan antar desa dalam suatu wilayah Kecamatan dan merupakan
akses utama pertumbuhan ekonomi dan pendistribusian hasil-hasil pertanian dan
perdagangan.
Berdasarkan statusnya,
jaringan jalan yang ada di Kabupaten Pati dengan total 858,487 km, adalah
sebagai berikut :
Jalan Negara : 33,329 km ( 3,88 %)
Jalan Propinsi : 106,483 km ( 12,40 %)
Jalan Kabupaten : 667,475 km ( 77,75 %)
Jalan Poros Desa : 51,20 km ( 5,96 %)
Jalan Negara : 33,329 km ( 3,88 %)
Jalan Propinsi : 106,483 km ( 12,40 %)
Jalan Kabupaten : 667,475 km ( 77,75 %)
Jalan Poros Desa : 51,20 km ( 5,96 %)
Dari seluruh panjang
jalan yang ada di wilayah Kabupaten Pati sebagian besar merupakan jalan
Kabupaten ( 83,71 % ) Jalan Kabupaten tersebut dikelola oleh Dinas Permukiman
dan Prasarana Daerah Kabuapten Pati.
Namun demikian
mengingat wilayah Kabupaten Pati cukup luas, maka untuk memudahkan dalam
pengelolaannya dibagi menjadi 5 (lima) wilayah pengelolaan melalui UPTD Dinas
Pekerjaan Umum wilayah Pati, Juwana, Tayu, Kayen dan Jakenan.
BAB IV
PENUTUP
A.Kesimpulan
Dari
hasil penelitian yang kami lakukan,kami menyimpulkan bahwa:
“Pembangunan
jalan di Pati telah dimulai sejak jaman penjajahan,dan sampai sekarang terus di
jalankan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.”
“Jalan jalan di Pati
di bagi menjadi beberapa kategori”
B.Saran
Dalam
melakukan penelitian kami sarankan untuk:
À Mempersiapkan
semua yang dibutuhkan serbelum meneliti
À Jangan
hanya terpaku pada satu sumber,cari narasumber yang lain agar lebih yakin
LAMPIRAN







Daftar
Pustaka
DPU.PATIKAB.GO.ID
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pati
PATIKAB.GO.ID
Wikipedia.com
jossssss
BalasHapus